Iklan Atas

11 Macam Macam CCTV yang Dijual di Pasaran Indonesia

Daftar Isi [hide]

    Yukinternet.com - Macam-macam jenis CCTV. Bagi yang baru mengenal dunia CCTV, (Closed Circuit Television) mungkin akan sedikit bingung mengenai istilah-istilah yang sering muncul. Salah satunya mengenai jenis-jenis CCTV.

    Mulai dari cctv lalu lintas, cctv portable, cctv wifi, hingga cctv tanpa internet dan sebagainya. Bagi yang masih belajar mengenai kamera CCTV, maka sebaiknya bacalah artikel yang akan membahas mengenai kumpulan macam-macam CCTV.

    Artikel ini sangat penting khususnya bagi kalian yang hendak bekerja di industri elektronik atau CCTV, baik sebagai teknisi pemasangan, pembuat produk, pabrik, hingga marketing, manajer atau direktur perusahaan CCTV.

    Langsung saja tanpa basa basi mari kita simak macam-macam jenis CCTV yang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dirangkum dari berbagai sumber di internet, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

    Dome Camera

    Dome Camera

    Disebut dome karena kamera CCTV ini memiliki bentuk seperti dome (kubah). Bentuknya minimalis, ukurannya kecil, portable, dan mudah dipasang di mana saja. Umumnya kamera ini dipasang di area kantor atau fasilitas publik.

    Kamera jenis ini tidak terlalu terlihat karena tampak berbaur dengan atap. Jika melihatnya secara sekilas, orang-orang akan menganggap kamera dome CCTV ini sebagai lampu atap biasa, bukan kamera pengawas.

    Dome Camera Indoor

    Dome Camera Indoor

    Dome camera indoor merupakan kamera CCTV berbentuk seperti kubah yang khusus diproduksi untuk diterapkan di area tertutup saja. Kamera ini tidak tahan terhadap perubahan cuaca, panas, dan terik matahari.

    Namun kelebihan dari kamera jenis ini ialah biasanya memiliki fitur day/night, sebuah fitur yang mampu membuat kamera CCTV menangkap gambar dengan jelas pada siang hari ataupun pada malam hari.

    Dome Camera Infrared

    Dome Camera Infrared

    Kamera CCTV yang dilengkapi infrared biasanya memiliki kemampuan untuk merekam gambar pada cahaya yang minim hingga lux = 0. Tipe kamera ini dilengkapi dengan IR atau biasa disebut dengan night vision sehingga mampu menangkap video dengan jelas di malam hari.

    Pada siang hari, fitur infrared akan tetap aktif namun fungsinya berubah sebagai penyaring cahaya yang tidak perlu sehingga gambar yang dihasilkan tidak blur karena cahaya matahari, melainkan tetap jelas dan jernih.

    Dome Camera Vandal-Proof

    Dome Camera Vandal-Proof

    Dome camera vandal-proof memiliki body yang kuat sehingga sangat cocok digunakan pada wilayah yang rawan tindak kejahatan. Apabila ada seseorang ingin merusaknya, belum tentu mereka mampu merusak kamera CCTV karena ketahanannya luar biasa.

    Biasanya, kamera CCTV ini dibuat dengan bahan dasar logam padat dan lensa kameranya dilengkapi dengan pelindung anti pecah. Kabel CCTV juga dibuat menyatu di dinding sehingga sangat sulit untuk dipotong atau dirusak.

    Dome Camera Pan-Tilt-Zoom

    Dome Camera Pan-Tilt-Zoom

    Kemampuan kamera CCTV ini adalah mampu digerakkan secara vertikal, memutar, atau horizontal sehingga dapat menangkap gambar pada area tertentu yang diinginkan. Teknologi ini merupakan teknologi terbaru yang membuat pengguna CCTV semakin mudah mengoperasikannya.

    Dome Camera CCTV dilengkapi dengan sebuah joystik pemutar. Untuk CCTV yang terhubung dengan aplikasi Android biasanya pengaturan pemutaran kamera CCTV terdapat pada aplikasi tersebut.

    CCTV Speed Dome

    CCTV Speed Dome

    CCTV jenis ini hampir mirip seperti dome camera pan-tilt-zoom, yaitu bisa berputar nyaris 360 derajat. Bedanya CCTV speed dome ini lebih handal karena mampu berputar tanpa mengeluarkan suara yang berisik.

    Jenis kamera CCTV ini dilengkapi dengan pant-tilt-zoom, decoder, dan juga infrared secara kompak. Mampu menghasilkan gambar beresolusi hingga Full HD dengan hasil video yang jernih, bening, dan tidak patah-patah.

    IP Camera

    IP Camera

    IP Camera merupakan jenis kamera CCTV digital yang bisa digunakan untuk kebutuhan pengawasan atau pemantauan. Data dikirim melalui jaringan wireless (Wi-Fi atau internet) melalui aplikasi website.
    .
    Biasanya kamera jenis ini tidak dibanderol dengan harga yang tinggi, mudah diinstall dan gampang dioperasikan. IP Camera CCTV menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia karena harganya yang cukup murah dibanding jenis kamera CCTV lainnya.

    CCTV Weather-Proof

    CCTV Weather-Proof

    CCTV weather-proof (tahan cuaca) merupakan kamera CCTV khusus outdoor yang didesain agar tahan terhadap hujan dan partikel debu yang bisa merusak komponen di dalam CCTV. Bentuk kamera CCTV-nya beragam mulai dari box, dome, hingga peluru.

    Kamera yang tahan terhadap segala macam kondisi cuaca ini biasanya dipasang di terminal bus, stasiun, bandara, pelabuhan, tempat parkir, jalan raya, dan wilayah-wilayah ekstrem akan perubahan cuaca lainnya.

    CCTV Explosion-Proof

    CCTV Explosion-Proof

    Sesuai namanya, CCTV explosion-proof (tahan dari ledakan) merupakan jenis kamera CCTV yang dirancang untuk tahan terhadap kondisi yang sangat ekstrim. Biasanya CCTV ini dipasang di area pabrik, kontruksi, tambang, kilang minyak, batu bara dan lain-lain.

    Jenis kamera CCTV ini dipilih karena mampu bertahan terhadap hal yang sangat buruk, sehingga apabila terjadi kecelakaan, maka data rekaman kamera CCTV akan tetap aman dan bisa terus tersimpan di DVR (Digital Video Recorder.

    Camouglage Camera

    Camouglage Camera

    Camouglage camera merupakan CCTV yang khusus dirancang untuk ditempatkan di area tersembunyi. Keberadaannya hampir tidak dikenali dan biasanya bentuknya tidak seperti CCTV, melainkan mirip benda lain.

    Sebenarnya ini berlawanan dengan fungsi CCTV yang dirancang untuk memperingatkan orang agar tidak bertindak seenaknya. Namun dengan adanya CCTV yang tidak terduga ini, apabila ada kriminal maka mereka tidak akan terpikir untuk merusak kamera CCTV yang tidak mencolok ini.

    Standar Box Camera

    Standar Box Camera

    CCTV standar box camera merupakan jenis CCTV standar yang biasa dipasang di tempat umum seperti mall, supermarket, minimarket, kantor, apartemen, perumahan, kantor, universitas, kampus atau sekolah.

    CCTV ini memiliki beragam versi mulai dari wireless dan nirkabel. Koneksinya bisa menggunakan kabel, wifi, atau jaringan internet. CCTV ini dapat ditempatkan pada lokasi luar ruangan (outdoor) maupun dalam ruangan (indoor).

    Kesimpulan
    Demikian penjelasan mengenai macam macam cctv, jenis kamera cctv, fungsi lampu merah pada cctv, gambar, manfaat, yang bisa merekam suara, jenis cctv dan harganya, kamera tersembunyi, mini, cctv bullet, jakarta, surabaya, review.

    Baca:
    Show comments
    Hide comments

    Belum ada Komentar untuk "11 Macam Macam CCTV yang Dijual di Pasaran Indonesia"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel