Cara Mengetahui CCTV Merekam atau Tidak

Yukinternet.com – Tanda-tanda cctv merekam atau tidak. Sebagian besar kamera CCTV tidak memiliki lampu merah atau tanda bahwa ia sedang melakukan perekaman area sekitar. Nyatanya, hal tersebut membuat banyak orang bingung ini kamera sedang merekam atau tidak sih.

Khususnya bagi yang baru pertama kali menggunakan CCTV, pasti akan merasa kebingungan apakah kamera CCTV sedang merekam atau tidak. Karena memang tidak ada tanda di kamera CCTV yang dipasang di sudut ruangan.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah ulasan singkat mengenai ciri-ciri kamera CCTV yang tengah merekam atau bagaimana caraa mengetahui atau mengecek apakah CCTV sedang merekam atau tidak.

Mudah-mudahan ini dapat menjadi informasi tambahan untuk Anda yang baru belajar mengoperasikan CCTV. Dan informasi yang akan kami bagikan di bawah ini merupakan informasi umum karena masing-masing CCTV memiliki karakteristik berbeda.

Sekedar informasi tambahan. Saat ini penggunaan CCTV terus meningkat bukan hanya di tempat publik seperti tempat wisata, kantor, sekolah, universitas, mall, supermarket, dan lampu lalu lintas, melainkan juga telah digunakan secara pribadi di rumah masing-masing.

Cek CCTV Merekam atau Tidak

Sebenarnya, cara mudah untuk mengetahui apakah CCTV merekam atau tidak, apakah CCTV sedang aktif/on atau nonaktif/off. Yakni dengan menggunakan bantuan jaringan internet entah itu Wifi, modem, atau data seluler.

Jaringan tersebut kemudian dihubungkan ke komputer atau laptop. Dengan menggunakan bantuan Video Viewer yang terdapat pada DVR, maka tampilan DVR (Digital Video Recorder) akan terlihat tayang secara langsung.

Selain dengan komputer, smartphone atau handphone juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah CCTV sedang merekam atau tidak. Caranya adalah mengunduh aplikasi untuk memantau rekaman CCTV dari Hp, masing-masing CCTV memiliki aplikasi berbeda.

Contohnya seperti kamera cctv xiaomi yang menggunakan aplikasi Mi Home, atau kamera CCTV SPC yang menggunakan aplikasi MySPC dan sebagainya. Untuk aplikasi default yang bisa digunakan di banyak CCTV, Anda bisa menggunakan Viewtron CCTV DVR Viewer App.

Untuk mengetahuinya, cobalah scan kamera CCTV yang Anda miliki pada aplikasi di komputer atau smartphone. Apabila terdeteksi, maka CCTV dipastikan sedang merekam atau aktif. Jika tidak terdeteksi, maka CCTV berada dalam kondisi off.

Menghidupkan CCTV yang Tidak Merekam

Untuk penjelasan mengenai cara menghidupkan atau mengaktifkan kamera CCTV telah kami bahas pada artikel lain, maka dari itu silahkan baca artikel di bawah ini untuk mengetahui tutorial cara menghidupkan dan mematikan kamera CCTV.

Cara Menghidupkan dan Mematikan Kamera CCTV

Perlu diingat, penjelasan pada artikel tersebut berlaku secara umum, Anda tinggal menyesuaikannya dengan merk CCTV yang digunakan.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai cara mengetahui cctv merekam atau tidak, gambar, suara, cara membedakan cctv yang aktif dan tidak aktif, jenis cctv yang bisa merekam suara, cara simple membedakan cctv nyala atau mati dan sebagainya.

Baca:

Originally posted 2023-09-07 15:06:59.

Tinggalkan komentar