Berapa Lama Rekaman CCTV Akan Bertahan dan Hilang

Yukinternet.comĀ – Berapa lama rekaman CCTV akan bertahan. Banyak sekali pertanyaan yang muncul terkait batas waktu penyimpanan video rekaman CCTV. Sebenarnya, berapa lama sih batas waktu maksimal sebelum video tersebut otomatis dihapus?

Memang benar, guna menghemat memori yang terbatas (biasanya 16 GB, 32 GB, atau 64 GB), kamera CCTV memiliki fitur khusus untuk menghapus rekaman CCTV otomatis yang tersimpan lebih dulu. Jadi, CCTV hanya akan menyimpan rekaman yang baru-baru saja.

Untuk pertanyaan berapa lama video rekmaan CCTV dapat bertahan? Di bawah ini kami akan menjelaskannya secara lengkap. Namun sebelum itu, alangkah lebih baiknya kita mengetahui di mana letak video rekaman CCTV disimpan.

Rekaman CCTV Disimpan di Mana?

Video rekaman CCTV disimpan di kartu memori atau SD Card. Saat ini, penggunaan micro SD sebagai media penyimpanan rekaman CCTV telah semakin luas. Hal ini dikarenakan banyak manfaat yang bisa diperoleh dari media penyimpanan jenis ini.

Sebelumnya kami juga telah menuliskan artikel yang membahas kelebihan dan kekurangan micro sd. Sedangkan memori yang digunakan untuk menyimpan video rekaman CCTV berada di DVR (Digital Video Recorder) atau NVR (Network Video Recorder).

Jadi, untuk menjawab pertanyaan di mana letak penyimpnaan video rekaman CCTV yang telah diambil melalui kamera, maka jawabannya adalah di micro SD atau memori internal yang terdapat pada DVR/NVR.

Berapa Lama Rekaman CCTV Akan Hilang?

Kamera CCTV akan bertahan hingga memorinya penuh. Jadi, apabila memorinya hampir penuh biasanya kamera CCTV akan menghapus rekaman sebelum-sebelumnya. Lalu, berapa sih memori yang dibutuhkan untuk merekam CCTV selama sehari?

Biasanya, untuk hardisk 512 GB akan mampu merekam 4 kamera CCTV hingga 7 hari atau satu minggu. Artinya:

  • 512 GB / 4 = 128. Untuk satu kamera CCTV memerlukan memori 128 GB agar bisa merekam hingga 7 hari.
  • 128 GB / 7 = 18.2 GB. Untuk merekam dalam satu hari (24 jam), CCTV membutuhkan memori hingga 18 GB.

Itu adalah hitung-hitungan kasar. Semua kembali lagi kepada jenis CCTV yang digunakan, berapa FPS, resolusi video rekaman, kualitas video apakah Mp4, mkv, H256 dan sebagainya.

Anda bisa langsung menghitung kebutuhan memori CCTV yang dibutuhkan dengan menggunakan aplikasi kalkulator CCTV berikut ini: calculator cctv.

Kesimpulan

Semoga menjawab pertanyaan berapa lama cctv akan hilang, dapat bertahan, akan terhapus, berapa lama cctv menyimpan data video, apakah rekaman cctv yang terhapus bisa dkembalikan, cara melihat rekaman cctv yang hilang.

Baca:

Originally posted 2023-09-07 15:45:37.

Tinggalkan komentar