Iklan Atas

Penyebab dan Cara Mengatasi CCTV Micro SD Tidak Merekam

Daftar Isi [hide]

    Yukinternet.com - CCTV micro SD tidak bisa merekam. Saat ini, seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, perkembagnan alat perekam atau CCTV juga berkembang semakin pesat pula. Saat ini media penyimpanan CCTV kebanyakan menggunakan SD Card.

    cctv micro sd tidak merekam

    SD Card dipilih karena memiliki berbagai keuntungan seperti yang sebelumnya telah dibahas pada artikel kelebihan dan kelemahan cctv micro sd, bahwa micro SD berukuran kecil, lebih murah, serta lebih portable sehingga mudah dipasang dan dicabut sesuai kebutuhan.

    Selain itu, micro SD juga memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB dan seterusnya. Micro SD juga dipilih karena gampang dipasang pada kamera cctv berukuran kecil yang banyak beredar beberapa tahun terakhir.

    Namun pernahkah Anda menjumpai kamera CCTV yang menggunakan micro SD tidak merekam seperti pada umumnya, ada notifikasi gagal menyimpan video atau video rekaman CCTV yang menggunakan micro SD sebagai media penyimpanan tidak merekam?

    Mungkin ada beberapa hal yang menyebabkan itu terjadi, dan penanganannya pun untuk setiap kasus berbeda-beda. Pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa hal yang bisa menyebabkan CCTV kartu SD tidak bisa merekam video beserta cara mengatasinya, silahkan disimak.

    Penyebab CCTV Micro SD Tidak Bisa Merekam

    Hal utama penyebab CCTV yang menggunakan micro SD tidak merekam adalah karena CCTV micro SD sudah rusak atau tidak bisa digunakan lagi. Beberapa hal yang menyebabkan CCTV micro SD tidak dapat merekam antara lain sebagai berikut:

    1. Kapasitas Penuh

    SD card tidak bisa merekam atau menyimpan lebih banyak video yang dihasilkan oleh CCTV apabila kapasitasnya sudah penuh. Misal SD Card memiliki kapasitas 256 GB, jika video rekaman yang telah tersimpan mendekati dari 256 GB, maka SD card tidak bisa menyimpan lebih banyak lagi.

    Untuk mengetahui apakah kartu SD kapasitasnya sudah penuh atau belum, Anda bisa memidahkan SD card pada CCTV ke handphone atau komputer terlebih dahulu karena biasanya di kamera CCTV tidak akan tertera informasi mengenai kapasitas yang telah digunakan.

    2.  SD Card Kotor atau Lecet

    Kotor atau lecetnya SD card juga mempengaruhi kinerja SD card dalam rangka menyimpan video rekaman yang dihasilkan oleh kamera CCTV. Apabila ada debu, maka bisa saja SD card tidak terbaca sehingga ada notifikasi kamera CCTV tidak bisa menyimpan video rekaman.

    Hal lebih rumit terjadi apabila SD card lecet karena goresan atau semacamnya, bukan hanya sekedar tidak bisa dibaca saja, seluruh data yang ada di dalam SD card juga terancam hilang sepenuhnya tanpa kita backup terlebih dahulu.

    3. System Pada SD Card Error

    Selain kedua alasan di atas, ada pula penyebab internal yang membuat SD card error alias tidak terbaca, yakni ketika system pada SD card mengalami error atau terjadi permasalahan software Closed Circuit Television (CCTV).

    Untuk mengetahui apakah SD card error atau tidak, Anda bisa mencoba memindahkannya ke smartphone atau laptop, apabila ada keterangan harus format, maka artinya SD card tersebut masih bisa terselamatkan begitu pula dengan data rekaman video yang ada di dalamnya.

    Cara Mengatasi CCTV Micro SD Tidak Merekam

    Ada berbagai macam penyebab CCTV tidak bisa merekam, masing-masing permasalahan memiliki solusi tersendiri untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki SD card CCTV yang rusak alias tidka bisa merekam.

    1. Hapus Video CCTV

    Apabila masalah tidak bisa merekam dikarenakan SD card kamera CCTV memiliki kapasitas yang sudah penuh, cara untuk mengatasinya adalah dengan menghapus sejumlah atau seluruh video rekaman yang tersimpan di SD Card CCTV.

    Caranya adalah dengan memindahkan SD card ke komputer, laptop, atau smartphone terlebih dahulu kemudian setelah itu, tandai beberapa video untuk menghapus sebagian, apabila ingin menghapus seluruhnya Anda bisa menggunakan menu format.

    2. Bersihkan SD Card CCTV

    Apabila masalah kamera CCTV yang menggunakan SD card tidak merekam adalah disebabkan oleh SD card yang kotor atau lecet, maka Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan cairan pembersih khusus.

    Cairan pembersih yang digunakan biasanya minyak telon, atau air yang ditambahkan sedikit sabun. Apabila lecet, maka cara membersihkannya adalah dengan menggunakan kain serta diusap dengan cukup keras sehingga permukaannya kembali rata.

    3. Format SD Card CCTV

    Apabila terjadi masalah pada sistem, maka cara mengatasi SD card CCTV yang tidak merekam adalah dengan memformatnya melalui ponsel atau komputer. Pindahkan SD card terlebih dahulu ke komputer atau laptop kemudian format menggunakan menu yang tersedia.

    Apabila SD card tidak bisa diformat, maka SD card tidak bisa digunakan lagi, maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan membuangnya dan membeli yang baru :P. Ikhlaskan saja apabila ada rekaman video yang penting karena sudah tidak bisa dikembalikan lagi.

    Kesimpulan
    Demikianlah ulasan mengenai penyebab serta cara megatasi cctv micro sd tidak merekam, kelemahan, kelebihan, cctv micro sd, sd card, kartu memori, kartu sd tidak merekam, tidak menyimpan data, error, tidak bisa memutar dan melihat rekaman CCTV.

    Baca:
    Show comments
    Hide comments

    Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi CCTV Micro SD Tidak Merekam"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel