Cara Memasang CCTV Langsung ke TV

Yukinternet.com – Cara pasang CCTV ke TV. CCTV tanpa internet, yang menggunakan kabel konvensional memerlukan perangkat DVR, monitor, serta kabel CCTV agar bisa memantau gambar atau video dari lokasi yang jauh.

Namun tahukah Anda, bahwa CCTV ternyata juga bisa langsung dipasang ke layar monitor atau TV tanpa menggunakan DVR? Jadi, misalkan DVR kita rusak, kita masih bisa memantau langsung CCTV lho, bagaimana caranya? Pada kesempatan ini kami akan menjelaskannya secara rinci.

Sebelum masuk ke pembahasan inti, alangkah lebih baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu kelebihan dan kekurangan memasang CCTV langsung ke TV. Langsung saja, silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan CCTV Langsung ke TV

CCTV (Closed Circuit Television) yang dipasang langsung ke TV memiliki keunggulan antara lain tidak membutuhkan perangkat DVR sebagai controller, tetap bisa memantau keadaan di lokasi yang jaraknya jauh, dan lebih hemat listrik karena sumber daya hanya diperuntukkan untuk kamera dan monitor atau TV saja.

Sedangkan kekurangannya, CCTV langsung ke TV hanya bisa digunakan untuk memantau saja, tidak bisa menyimpan video atau memutar ulang rekaman yang sudah lewat sebab tidak ada media penyimpanan seperti HDD (Hardisk).

Lalu, bagaimana kualitasnya? Perlu diketahui, bila kita langung menghubungkan kamera CCTV langsung ke TV, kualitas gambar atau videonya tidak sebaik kualitas yang dihasilkan pada kamera CCTV yang dihubungkan ke DVR.

Hal ini dikarenakan dalam pemasangannya, CCTV ke TV dihubungkan dengan kabel jack BNC dan jack RCA. Kamera ke TV dihubungkan dengan jack RCA dan kamera rangkaiannya tetap dihubungkan dengan BNC. Jack RCA tidak support full HD, itulah sebabnya kualitas gambar pasti tidak akan lebih bagus

Cara Pasang CCTV Langsung ke TV

Nah, bagi yang belum mengetahui cara memasangnya, silahkan simak penjelasan mengenai tutorial, panduan, dan langkah-langkah pemasangan CCTV langsung ke Televisi di bawah ini. Pertama-tama, siapkan alat dan bahan berikut:

  • Kamera CCTV
  • TV/Monitor yang memiliki input Video in RCA
  • Kabel Jack BNC
  • Kabel Jack RCA
  • Kabel Coaxial

Jika bahan-bahan tersebu telah disiapkan, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut untuk menghubungkannya:

  • Pasang jack BNC ke kabel coaxial, kemudian sambungkan BNC ke kamera.
  • Pasang jack RCA pada ujung kabel coaxial, lalu hubungkan ke TV (input Video in RCA)
  • Ketika sudah terhubug, ganti input RCA pada TV Anda.
  • Selesai

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang cara memasang cctv langsung ke tv, pasang CCTV langsung tanpa DVR, mudah, tips pasang CCTV di rumah tanpa bantuan petugas, cara menghubungkan, menyambungkan, koneksi, mengaitkan CCTV tanpa DVR ke TV (Televisi), secara mudah dan lengkap, silahkan disimak.

Baca:

Originally posted 2023-09-02 16:37:55.

Tinggalkan komentar