Iklan Atas

Kelebihan dan Kelemahan CCTV Wifi Tanpa Kabel

Daftar Isi [hide]

    Yukinternet.com - Kelemahan dan kekuarangan CCTV wifi. CCTV merupakan perangkat kamera yang digunakan untuk memantau keadaan di lokasi berbeda. CCTV telah menjadi standar protokol keamanan di berbagai tempat, khususnya di fasilitas umum dan lokasi publik.

    Kelebihan dan Kelemahan CCTV Wifi Tanpa Kabel

    Mulai dari sekolah, kantor, universitas, pusat perbelanjaan, mall, supermarket, tempat parkir, sekitar lampu lalu lintas, bahkan di rumah pribadi pun telah banyak dipasang kamera CCTV sebagai alat keamanan untuk menghindari tindakan orang yang tidak bertanggung jawab.

    CCTV terdiri dari dua macam, yakni CCTV yang menggunakan kabel (konvensional) dan CCTV yang tidak menggunakan kabel (Wifi). Untuk saat ini, penggunaan CCTV Wifi saat ini lebih banyak digunakan karena dianggap lebih praktis, namun meski memiliki kelebihan, sebenarnya CCTV Wifi juga memiliki beberapa kekurangan.

    Pada kesempatan ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan kamera CCTV Wireless (Wifi). Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, alangkah baiknya kita mengetahui pengertian dari CCTV Wifi terlebih dahulu.

    Pengertian Apa itu CCTV Wifi

    CCTV (Closed Circuit Television) Wifi merupakan kamera CCTV yang tidak menggunakan kabel (nirkabel). Pengiriman gambar dan videonya menggunakan jaringan internet seperti Wifi. Oleh karena itulah CCTV ini biasa disebut dengan CCTV Wifi.

    Penggunaan CCTV Wifi lebih diperuntukkan untuk penggunaan pribadi, seperti di rumah pribadi meliputi ruang keluarga, kamar pribadi, hingga tempat parkir mobil dan motor di dalam rumah. CCTV Wifi tidak cocok digunakan di area publik sebab lebih mudah diambil oleh orang lain.

    Kelebihan dan Kelemahan CCTV Wifi

    CCTV Wifi memiliki kelebihan dan kelemahan yang membuatnya kadang dipilih orang, kadang juga tidak. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan kamera CCTV yang menggunakan jaringan nirkabel Wifi sebagai koneksinya.

    1. Kelebihan CCTV Wifi
    • Rekaman CCTV bisa diakses secara online. Tidak perlu menggunakan minitor atau DVR, rekaman live streaming dari CCTV Wifi bisa dilihat melalui smartphone atau laptop dari jarak yang jauh.
    • Beberapa CCTV memiliki fitur notifikasi atau pemberitahuan dengan mengirim melalui e-mail, telepon, SMS, atau WhatsApp setiap kali CCTV mendetekasiada kehadiran atau pergerakan yang mencurigakan.
    • CCTV Wifi mudah ditempatkan di mana saja, misalnya di sudut rumah ataupun di tempat tersembunyi yang tidak memungkinkan dipasang kamera CCTV menggunakan kabel.

    2. Kelemahan CCTV Wifi

    • Setting dan konfigurasi CCTV lebih sulit serta membutuhkan pengetahuan akan LAN yang berpengalaman. Tidak sembarang orang bisa melakukan konfigurasi sehingga kadang membutuhkan teknisi yang ahli.
    • Gambar yang dihasilkan tergolong di bawah rata-rata dibandingkan dengan kamera CCTV kabel. Namun ini tergantung dengan harga CCTV yang dibeli. Semakin mahal CCTVnya, kualitas gambarnya bisa melampaui CCTV analog.
    • Harga CCTV Wifi juga cenderung lebih mahal, meski ada beberapa yang murah namun kualitas gambarnya seadanya. Hal inilah yang kadang membuat seseorang enggan untuk membeli CCTV Wifi.

    Kesimpulan
    Demikian ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kelemahan cctv wifi, CCTV kabel vs wireless, kekurangan dan kelebihan cctv tanpa kabel, ip camera, keuntungankamera CCTV Wifi, sistem CCTV gedung keamanan rumah, perbandingan CCTV Wireless dan analog, fakta, tanpa internet, dan sebagainya.

    Baca:
    Show comments
    Hide comments

    Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kelemahan CCTV Wifi Tanpa Kabel"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel