Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian CCTV, Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenis

Daftar Isi [show]

Yukinternet.com - Pengertian CCTV. Kamera CCTV merupakan salah satu perangkat elektronik yang telah banyak digunakan oleh manusia pada zaman sekarang. Tidak hanya untuk keperluan umum, melainkan juga kepentingan pribadi.

pengertian cctv

Kita bisa melihat di mana saja ada CCTV, mulai dari tempat wisata, toko dan ruko, perkantoran, sekolah atau universitas, bahkan hingga rumah-rumah pribadi juga telah dipasangi CCTV. Lalu, sebenarnya apa sih CCTV itu? Di sini kami akan mengulasnya.

Kami akan menjelaskan mengenai pengertian dan definisi CCTV, sejarah, cara kerja, fungsi, hingga jenis kamera pengawas. Anda bisa menyimak seluruh ulasan lengkapnya pada pembahasan lengkap di bawah berikut ini. Silahkan disimak.

Pengertian CCTV

Berikut adalah pengertian CCTV secara umum dan berdasarkan pemaparan para ahli, silahkan disimak.

1. Pengertian CCTV Secara Umum

CCTV (Closed-circuit Television) merupakan salah satu perangkat elektronik untuk merekam kejadian dan peristiwa tanpa menggunakan operator. Sinyal yang ditangkap oleh CCTV bersifat tertutup dan tidak bisa didistribusikan ke CCTV lain seperti televisi.

CCTV biasanya digunakan untuk mengawasi area secara otomatis yang rentan menjadi lokasi tindak kejahatan atau kriminal. Seperti pertokoan, perumahan, lalu lintas, sekolah, univertias, perkantoran, bahkan di dalam rumah pribadi sekalipun.

Ada kamera pengintai yang menampilkan apa yang terjadi secara real time, ada juga yang bisa menyimpan video rekamannya pada memori seperti micro SD, HDD, atau SSD. Kedua opsi tersebut disesuaikan pada keinginan dan kebutuhan pengguna.

2. Pengertian CCTV Menurut Para Ahli

Menurut Herman Dwi Surjono (1996), CCTV merupakan alat perekaman yang menggunakan satu atau lebih kamera video dan menghasilkan data video atau audio. CCTV memiliki manfaat sebagai alat yang dapat merekam segala bentuk aktivitas yang erjadi di lokasi pengamatan dengan menggunakan laptop atau PC secara real time dari mana saja dan dapat merekam seluruh kejadian secara 24 jam atau dapat merekam ketika terjadi gerakan dari daerah yang dipantau.

Menurut (Hendro, 2010), Closed Circuit Television (CCTV) adalah Kamera video yangmengirimkan sinyal ke sebuah tempat tertentu pada perangkat seperti monitor. Berbeda dengan siaran televisi, di CCTV sinyal tidak dilakukan secara terbuka meskipun dapat memungkinkan dengan point to point (P2P), point to multipoint, atau mesh link nirkabel.

Sejarah CCTV

Sejarah CCTV bermula ketika ditemukan oleh seorang insinyur asal Jerman, Leon Theremin. Pada tahun 1927, Leon pertama kali mengenalkan sistem kamera CCTV meski belum memiliki sistem secanggih sekarang, sistem ini diminta oleh Uni Soviet untuk kebutuhan pertahanan.

Sistem CCTV pada awalnya membutuhkan operasional manual dengan menggunakan scanning-transmitting camera. Selain itu, sistem ini membutuhkan wireless gelombang pendek yang terdiri dari trnasmitter serta receiver sebagai media transmisi data.

Kemudian CCTV ini digunakab juga oleh tentara Jerman pada tahun 1942 utuk Perang Dunia II. Sistem ini diinstall oleh Siemens AG dan test Stand VII, fungsinya untuk pengawasan peluncuran roket V-2. Kemudian CCTV ini digunakan di Amerika Serikat pada 1949 oleh perusahaan Vericon.

Cara Kerja CCTV

Kamera CCTV analog bekerja dengan merekam dan menyimpan video mereka pada memori yang terdapat pada CCTV tersebut. Berbeda dengan CCTV ip camera, mereka menyimpan video secara cloud di internet sehingga lebih aman dan terjaga.

CCTV dengan kamera ip biasanya juga diinstall dengan sistem yang besar serta tersambugn satu sama lain. Hal ini yang membuat CCTV ip camera memang lebih banyak digunakan oleh perusahaan berskala besar. Terutama untuk kebutuhan pengamanan di area-area penting.

Fungsi CCTV

Fungsi CCTV adalah untuk mengawasi, merekam, dan memantau lokasi dari jarak jauh. CCTV menjadi perangkat keamanan dan pengintai yang sudah digunakan secara luas untuk keperluan publik hingga pribadi. Salah satu area yang banyak dipasangi CCTV adalah jalanan.

Di Indonesia sendiri, CCTV juga sudah banyak digunakan untuk publik, karena dengan CCTV pemantauan keamanan menjadi semakin mudah. Sedangkan untuk keperluan pribadi, biasanya CCTV diminati oleh pemilik kos, kontrakan, dan ruko atau tempat usaha.

Awalnya penggunaan CCTV diperdebatkan di Indonesia, apakah boleh atau tidak. Pasalnya, CCTV merekam kejadian tanpa melihat privasi orang. Namun asal ditempatkan di area-area yang diperolehkan, maka pemasangan CCTV tidak ada salahnya.

Sementara di lingkungan bisnis, penggunaan kamera CCTV juga bisa digunakan untuk memonitor pekerjaan sampai meningkatkan skala produktivitas. Penggunaan kamera CCTV juga bisa dimanfaatkan untuk menekan kemungkinan terjadinay kejahatan di area bisnis.

Adapun CCTV secara publik berfungsi untuk utamanya sebagai pengawasan lalu lintas. Umumnya CCTV untuk publik dipasang di terminal, bandara, halte, hingga pelabuhan. Akan tetapi di negara maju, seluruh jalan raya juga sudah dilengkapi dengan kamera CCTV.

Jenis Kamera CCTV

Jenis kamera CCTV berdasarkan tipenya terdiri dari dua macam, yakni analog dan digital (ip camera). Keduanya dibedakan berdasarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing berikut ini.

1. CCTV Analog

CCTV analog merupakan jenis perangkat kamera CCTV yang paling lama ada di pasaran. CCTV ini menjadi CCTV yang bekerja secara manual sehingga harganya lebih murah namun dalam pemasangannya lebih rumit serta memori penyimpanannya lebih rawan hilang.

2. IP Camera

IP Camera dikhususkan bagi CCTV yang menggunakan sambungan internet, sehingga data video rekaman yang dikirim bisa menjadi semakin aman. Namun jenis CCTV ini biasanya lebih mahal karena kualitas gambar yang dihasilkan dan resolusinya terbilang lebih tinggi.

Selain jenis kamera CCTV berdasarkan tipenya, ada juga jenis kamera CCTV berdasarkan bentuknya. Mulai dari dome, speed dome, wather-proof, explosion-proof, camouglage camera, dan masih banyak lagi, selengkapnya bisa dilihat di 11 Macam-macam Kamera CCTV.

Kesimpulan
Demikian pembahasan mengenai pengertian cctv adalah, pengertian cctv dan fungsinya, pengertian cctv menurut para ahli, maksud cctv, jenis cctv, maksud cctv dalam bahasa melayu, cara cctv berfungsi, kelebihan cctv, cctv singkatan dari.

Baca:
Show comments
Hide comments

Posting Komentar untuk "Pengertian CCTV, Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenis"