Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Kabel Power Supply CCTV yang Benar

Daftar Isi [show]

Yukinternet.com - Cara pasang power supply CCTV. Ketika membeli sebuah perangkat CCTV baru, maka kita tidak hanya akan mendapat kamera CCTV untuk merekam video saja, melainkan juga beberapa perangkat pendukung yang digunakan untuk berbagai keperluan.

cara memasang kabel power supply cctv

Mulai dari konektor cctv, monitor, DVR (Digital Video Recorder), hingga kabel cctv yang dihubungkan ke monitor atau ke sumber daya yang disebut dengan power supply. Mungkin sebagian orang masih bingung bagaimana cara memasang power supply pada CCTV yang benar agar terhubung.

Apalagi bagi yang baru pertama kali menggunakan atau menginstall kamera CCTV. Bagi teknisi,hal tersebut mungkin tidak sulit, namun bagaimana jika kita membeli CCTV online? Tidak akan ada teknisi yang datang untuk membantu kita.

Yang ada kita harus mencari tahu sendiri teknik-teknik pemasangannya. Pada beberapa produk CCTV, terdapat buku panduan yang dapat dijadikan sebagai pedoman penginstallan, namun ada juga beberapa merk produk CCTV yang tidak menyertakannya.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara detail bagaimana cara menginstall atau memasang kabel power supply CCTV yang benar agar terhubung sehingga kamera CCTV bisa menyala dan mulai merekam. Silahkan disimak.

Apa Itu Power Supply CCTV

Power Supply merupakan sebuah kabel yang menjadi satu dari sebagian banyak perangkat CCTV yang harus dipasang agar CCTV dapat merekam dengan baik. Kabel power supply CCTV biasanya berbentuk berbeda dibanding kabel untuk menghubungkan kamera CCTV dengan monitor.

Selain itu, power supply CCTV biasanya dilengkapi dengan konektor khusus, disebut juga dengan kabel power supply RG59 dan RG6, perbedaan keduanya terletak pada kualitas rekaman video yang didukung.

Untuk kabel RG59 biasanya diperuntukkan bagi CCTV yang dapat merekam dengan resolusi gambar video. RG59 sangat baik digunakan pada kamera CCTV yang memiliki sinyal frekuensi rendah di bawah 50 Mhz.

Sementara itu RG6 (Radio Guide 6) memiliki daya yang lebih besar sehingga diperuntukkan untuk kamera yang benar-benar menghasilkan video rekaman jernih berkualitas tinggi. RG6 biasanya diterapkan pada kamera cctv terbaik.

Cara Memasang Power Supply CCTV

Lalu, bagaimana cara memasang power supply CCTV yang baik dan benar? Sebenarnya tidak susah untuk menghubungkan kamera CCTV dengan sumber daya menggunakan kabel power supply RG59 atau RG6, berikut adalah langkah-langkahnya.

Power supply khusus CCTV biasanya dilengkapi dengan box terminal untuk memasang kabel. Cukup pasang kabel merah pada tanda + dan kabel warna hitam pada tanda - seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

memasang kabel power supply cctv

Jangan sampai tertukar antara keduanya. Karena apabila tertukar, hal tersebut bisa saja menyebabkan salah aliran listrik yang bukan hanya membuat CCTV tidak bisa merekam, melainkan CCTV tidak lagi bisa digunakan kembali.


Kesimpulan
Itu dia penjelasan lengkap tentang cara memasang power supply cctv, penggunaan power supply untuk cctv, fungsi, kegunaan, manfaat, cara memasang kamera cctv sendiri, tutorial, panduan lengkap, panduan pemasangan power supply untuk CCTV.

Baca:
Show comments
Hide comments

Posting Komentar untuk "Cara Pasang Kabel Power Supply CCTV yang Benar"