Fungsi Konektor CCTV dan Jenisnya (Power DC dan BNC)

Yukinternet.com – Fungsi konektor cctv dan rekomendasi merk. CCTV (Closed Circuit Television) merupakan salah satu alat keamanan khusus yang telah menjadi standar operasional di berbagai tempat strategis serta tempat publik.

Contohnya seperti kampus, mall, pasar swalayan, tempat parkir, kantor, sekolah, universitas, hingga rumah pribadi. Semakin murahnya harga CCTV dan semakin berkualitasnya gambar video yang dihasilkan, membuat banyak yang semakin tertarik untuk memasang CCTV.

Ada beberapa bagian komponen CCTV, salah satunya adalah kabel konektor (penghubung) sepeti yang tampak pada gambar di atas. Nah di kesempatan kali ini kami akan membagikan ulasan tentang fungsi konektor untuk CCTV.

Fungsi Konektor CCTV

Ada dua jenis konektor berbeda untuk kamera CCTV, yang pertama adalah konektor power DC CCTV dan yang kedua adalah konektor BNC CCTV. Masing-masing memiliki tugas, fungsi, dan bentuk berbeda, berikut ulasannya.

1. Konektor Power DC CCTV

Konektor Power DC CCTV

Konektor power DC dalam konteks sistem CCTV memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga fungsi dan kinerja kamera keamanan. Konektor ini berfungsi sebagai penghubung antara kabel daya dari CCTV dengan sumber daya listrik atau power supply. Dengan kata lain, ia memungkinkan aliran listrik yang stabil ke perangkat CCTV sehingga kamera dapat beroperasi secara optimal.

Penting untuk memilih dan menghubungkan konektor power DC dengan hati-hati. Hal ini melibatkan pemahaman yang baik tentang polaritas, di mana salah menghubungkan kabel positif dan negatif dapat berdampak negatif pada perangkat CCTV. Selain itu, pastikan bahwa tegangan yang diberikan oleh power supply sesuai dengan persyaratan perangkat CCTV Anda. Biasanya, CCTV menggunakan tegangan DC 12V atau 24V.

Selama proses instalasi, juga penting untuk memperhatikan keamanan, termasuk penggunaan kabel yang tepat dan perlindungan terhadap kondisi cuaca jika instalasi berada di luar ruangan. Terakhir, untuk melindungi perangkat CCTV dari kerusakan akibat lonjakan listrik atau gangguan lainnya, disarankan untuk menggunakan perangkat pelindung seperti sakelar sirkuit (circuit breaker) atau fuse.

Dalam semua hal ini, konsultasikan petunjuk instalasi yang diberikan oleh produsen CCTV atau dapatkan bantuan dari seorang teknisi yang berpengalaman dalam instalasi sistem keamanan. Dengan perhatian terhadap detail dan kepatuhan terhadap pedoman yang benar, Anda dapat memastikan bahwa sistem CCTV Anda berfungsi dengan baik dan memberikan perlindungan yang andal.

2. Konektor BNC CCTV

Konektor BNC CCTV

digunakan dalam industri keamanan dan penyimpanan video. Fungsinya adalah menghubungkan kabel dari kamera CCTV ke perangkat penyimpanan video seperti DVR (Digital Video Recorder) atau bahkan monitor jika diperlukan.

Konektor BNC adalah salah satu konektor yang paling handal dan populer dalam aplikasi CCTV karena kualitas sinyal video yang tinggi. Mereka umumnya digunakan untuk mengirimkan sinyal video analog dari kamera CCTV ke DVR atau monitor.

Konektor ini juga biasanya sangat mudah dipasang dan dilepas dengan cepat berkat desain bayonet yang memungkinkan pengguna untuk memasangnya hanya dengan memutar. Selain konektor BNC, seringkali digunakan juga konektor RG-59 atau RG-6 coaxial cable untuk menghubungkan kabel dari kamera CCTV ke DVR.

Kombinasi antara kabel coaxial dan konektor BNC adalah solusi yang umum digunakan dalam sistem CCTV karena memberikan kualitas sinyal yang stabil dan dapat diandalkan untuk pemantauan dan penyimpanan video yang baik. Dengan bantuan konektor BNC, sistem CCTV dapat berfungsi dengan baik dan membantu dalam pemantauan keamanan dan penyimpanan rekaman video.

Jenis Konektor BNC CCTV

Untuk power DC konektor tidak memiliki jenis karena semuanya sama. Sedangkan untuk konektor BNC ada beberapa jenis yang perlu dipahami berikut adalah penjelasan masing-masing konektor BNC beserta fungsinya.

1. BNC to BNC

Jenis konektor ini, BNC to BNC merupakan jenis konektor yang digunakan untuk menghubungkan kabel ke kabel (seperti kabel sambungan) baik ke DVR, monitor, maupun kamera CCTV.

2. BNC RG6 Crimping

Konektor BNC RG6 adalah jneis konektor kamera CCTV yang digunakan untuk menyambungkan kabel dengan berbagai macam perangkat CCTV yakni DVR, kamera, dan monitor.

3. BNC RG59 Crimping

Konektor BNC RG59 merupakan konektor CCTV yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan perangkat CCTV meliputi kamera, DVR, maupun layar monitor.

4. BNC RG6 Twist

KonektorBNC RG6 Twist merupakan jenis konektor CCTV yang digunakan untuk menghubungkan kabel koaksial dengan slot BNC yang biasanya terdapat pada kamera CCTV maupun DVR.

5. BNC-RCA

Konektor BNC-RCA digunakan untuk mengubah BNC menjadi RCA yakni menghubungkan kamera CCTV ke layar monitor televisi.

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai fungsi konektor cctv, harga, analog, harga per meter, dan sebagainya mudah-mudahan bisa menambah informasi untuk kita semoga artikel ini bermanfaat apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.


Baca:

Originally posted 2023-09-07 14:49:02.

Tinggalkan komentar