6 Tips SEO e-commerce untuk Toko Online

tips seo e-commerce

Website menjadi salah satu platform jual beli online yang dapat meningkatkan branding toko Anda. Namun, apabila website Anda tidak muncul di halaman pertama pencarian maka toko Anda tentu hanya memiliki sedikit pembeli. Tidak perlu khawatir, berikut tips SEO e-commerce menggunakan jasa hosting murah Hostinger untuk meningkatkan ranking Google.

1. Lakukan Riset Keyword

Baik untuk website blog maupun toko online, riset keyword atau kata kunci menjadi hal yang harus Anda lakukan agar website Anda dapat ditemukan pada halaman pertama. Paling tidak ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan riset keyword yaitu volume, intent dan LSI keyword.

Volume menunjukkan banyaknya jumlah suatu keyword dicari di Google dalam kurun waktu tertentu. Untuk menghindari persaingan ketat, Anda bisa mencari keyword dengan volume pencarian sedikit. Agar kata kunci tidak terlalu pendek, di sini Anda bisa menyiasatinya dengan memakai long tail keyword.

Keyword panjang bisa dibuat dengan menambahkan search intent commercial. Tujuannya yaitu agar pengunjung sesuai dengan target Anda. Contoh dari kata kunci intent commercial, yaitu jual, beli, dan sejenisnya. 

Baca juga: 5 Situs Web Penghasil Uang Nyata

Anda tinggal menambahkan intent commercial pada keyword utama Anda. Selain kata kunci dan intent, Anda juga perlu menambahkan kata kunci turunan atau LSI

LSI ini diperlukan untuk mencegah penggunaan kata kunci yang terlalu banyak. Sebab jika Anda terlalu banyak memasukkan keyword, halamanan Anda akan dianggap spam dan tidak bisa masuk di halaman pertama. 

Ada beberapa tools yang bisa Anda pakai untuk membantu Anda mendapat keyword yang tepat yaitu seperti Google Suggest, Keyword Planner, dan sebagainya.

2. Pakai Schema.org

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan ranking halaman Anda adalah dengan memakai Schema. Schema ini akan membuat snippet menampilkan harga, rating, jumlah stok, gambar, dan nama produk. Schema dapat meningkatkan CTR menjadi dua kali lipat.  

Lalu, bagaimana cara memasukkan Schema? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yang pertama yaitu dengan memakai tools Google structured data markup helper. Pada tools, Anda bisa memilih jenis halaman berupa products. Lalu masukkan URL halaman dan klik start tagging.

Masukkan informasi atau tag yang ingin ditambahkan seperti harga produk, gambar dan sejenisnya. Setelah itu, klik buat HTML dan salin kode halaman yang muncul pada halaman Anda. 

Cara yang lain yaitu memakai plugin seperti all in one schema.org rich snippet

3. Mengoptimasi Halaman Produk

Setelah melakukan riset Anda perlu memasukkan keyword ke dalam website Anda, mulai dari judul, kategori sampai pada URL agar website menjadi SEO friendly. Setelah itu, Anda perlu melakukan optimasi website produk Anda. 

Etalase atau kategori dalam website memiliki fungsi yang sama dengan etalase toko, yaitu memudahkan pelanggan membeli barang yang dicari. Oleh karena itu, Anda harus menyusun halaman ini dengan baik. 

Anda bisa menambahkan gambar produk di atas nama produk. Jika Anda menambahkan gambar, jangan lupa untuk menambahkan tag alt. Jika perlu, Anda juga bisa tambahkan video produk. 

Baca juga: Manfaat Teknologi Rumah Pintar

Kemudian tambahkan sedikit deskripsi produk yang mengandung keyword. Deskripsi ini penting sekali agar pembeli tahu bagaimana kondisi produk. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan navigasi untuk menunjukkan produk yang serupa di bawah setiap produk. 

Selain beberapa hal di atas, hal yang tidak kalah penting yaitu meningkatkan kecepatan website Anda. Halaman yang lambat akan membuat pembaca merasa jenuh dan berakhir meninggalkan halaman. Anda bisa menggunakan Google Page Speed untuk mengetahui kecepatan website Anda. 

4. Perbaiki Struktur URL 

Selanjutnya yaitu Anda perlu memperbaiki URL halaman Anda. URL adalah alamat yang harus dibuat dengan jelas. Halaman yang memiliki struktur URL terlalu panjang maka bisa tidak terindeks atau muncul di mesin pencari. 

Selain memasukkan keyword pada URL Anda bisa membuat URL pendek dengan panjang sekitar 50 sampai 60 karakter. URL lebih user friendly sehingga mudah ditemukan di mesin pencari. 

Selain URL, Anda juga perlu cek kembali tautan atau link halaman Anda. Jika ada link yang rusak maka segera perbaiki link tersebut. Agar lebih aman Anda bisa tambahkan HTTPS untuk melindungi informasi pengunjung. 

5. Tambahkan Konten

Selanjutnya yaitu Anda bisa menambahkan konten atau blog. Meski website Anda merupakan website e-commerce, Anda tetap memerlukan konten untuk menaikkan branding. Anda bisa membuat blog dengan content marketing di dalamnya. 

Beberapa blog yang bisa Anda buat yaitu artikel berisi tips atau tutorial, rekomendasi produk maupun review. Dalam membuat blog, jangan lupa untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu agar blog dibaca oleh target yang tepat.

Selanjutnya buat judul blog yang menarik. Judul yang baik selain mengandung keyword adalah judul yang menarik. Judul menarik dapat menarik perhatian pembaca untuk mengunjungi website Anda. 

Baca juga: Situs Freelance Indonesia untuk Pemula

Sebaiknya Anda membuat konten soft selling dibandingkan hard selling. Sebab, konten ini digunakan untuk menambah info kepada pembaca. Pastikan pula konten yang Anda tulis mudah dan enak dibaca agar pembaca betah di website Anda. 

Jika Anda tidak bisa atau tidak memiliki waktu untuk membuat konten, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan artikel SEO. 

6. Tambahkan Deskripsi dan Review

Deskripsi biasanya sering diabaikan karena dianggap kurang penting. Padahal agar dapat masuk ke halaman pertama Google, halaman Anda paling tidak perlu memuat konten dengan panjang sekitar 2000 kata. Karena pada halaman produk tidak terdapat banyak konten maka Anda perlu menambahkan deskripsi produk. 

Apa saja yang bisa Anda tulis di bagian deskripsi? Disini Anda bisa tambahkan pengenalan produk, fitur yang ditawarkan, komponen, foto dan penjelasan mengenai fungsi serta cara kerja produk. Anda juga bisa menjelaskan produk sesuai dengan hal yang sering ditanyakan oleh pembeli. 

Setelah itu beri penutup pada akhir deskripsi. Atur isi deskripsi paling tidak mencapai hingga 1000 kata. 

Selain deskripsi produk, review pembeli juga menjadi hal yang perlu dicantumkan pada website Anda. Review ini memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu mempermudah bagi calon pembeli untuk mengetahui kualitas barang Anda. Ketika banyak review positif tentu banyak pembeli yang percaya dengan produk Anda.

Selain itu, review juga bisa membantu menaikkan ranking halaman karena dapat membuat pembaca berada di halaman Anda lebih lama. Pada halaman review, Anda bisa tambahkan kunci seperti murah, bagus dan sebagainya.

Baca juga: Situs Lowongan Kerja Terbaik Terpercaya

Untuk mengajak pembeli agar mau memberikan review, Anda bisa tawarkan hadiah atau potongan harga. Jika Anda kesulitan melakukan optimasi website, Anda bisa memakai jasa web developer untuk membantu menaikkan ranking web Anda.

Itulah beberapa tips dan cara SEO e-commerce hosting murah untuk meningkatkan ranking Google. Website online shop memang lebih rumit dari website biasa karena itu banyak sekali hal yang harus diperhatikan agar website Anda bisa muncul di halaman pertama.